Visi dan misi Dinas Sosial Kota Metro sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Metro. Visi merupakan cita-cita atau tujuan yang akan dicapai di masa yang akan datang. Sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 yang menyebutkan bahwa visi pembangunan dalam RPJMD adalah visi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih yang disampaikan pada waktu pemilihan kepala daerah. Dalam periode 2016-2021, Visi Pembangunan Kota Metro adalah “Metro Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga Berbasis Ekonomi Kerakyatan Berlandaskan Pembangunan Partisipatif”.

Rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi, maka ditetapkan Misi Pembangunan Kota Metro Tahun 2016-2021 sebagai berikut:
1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui sektor pendidikan dan kesehatan.
2. Meningkatkan kesejahteraan rakyat berbasis ekonomi kerakyatan melalui sektor perdagangan, jasa, pertanian, dan pariwisata.
3. Meningkatkan kualitas infrastruktur kota yang terintegrasi dan berkelanjutan.
4. Mewujudkan pemerintahan Kota Metro yang good governance melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

Berdasarkan visi dan misi diatas, Dinas Sosial Kota Metro mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi bidang sosial. Untuk mendukung terwujudnya visi Kota Metro tersebut maka misi yang relevan dengan tugas Dinas Sosial adalah Misi yang ke-4 yaitu mewujudkan pemerintahan Kota Metro yang good governance melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.