METRO – Terdapat 22 definisi operasional dan karakteristik dari masing-masing jenis PMKS. Dari ke-22 jenis PMKS tersebut, salah satu kategorinya adalah PRSE.

PRSE adalah wanita baik gadis maupun janda yang merupakan kepala keluarga. Secara lebih spesifik, PRSE adalah seseorang Wanita Dewasa yang belum menikah atau janda yang tidak mempunyai penghasilan cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dengan ciri-ciri Wanita Dewasa, belum menikah (adalah wanita anak fakir miskin) atau janda (adalah wanita sebagai Kepala Keluarga), berusia 18 – <60 tahun dan penghasilan tidak memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Kesejahteraan wanita wajib menjadi agenda penting dalam program pengentasan kemiskinan karena kesejahteraan wanita pada umumnya bisa mencerminkan kesejahteraan keluarga dan dapat menjadi jaminan bagi kesejahteraan golongan PMKS lainnya, yaitu anak-anak, lansia, dan anggota keluarga yang menderita penyakit. Untuk itu Pemerintah dianggap perlu untuk menginterfensi melalui kebijakan atau program dalam rangka pemberdayaan PRSE.

Pemerintah Daerah Kota Metro melalui Dinas Sosial Kota Metro mengadakan program pemberdayaan PRSE. Program pemberdayaan PRSE yang diadakan Dinas Sosial Kota Metro melalui Pelatihan Keterampilan Sulam Tapis. Program Pemberdayaan PRSE melalui Pelatihan Keterampilan Sulam Tapis telah dilaksanakan pada 4 -13 Oktober 2018. Peserta dari Program ini adalah 5 Orang PRSE dari lima Kelurahan dari Masing-masing Kecamatan.

Peserta dari Kecamata Metro Pusat yaitu 5 orang PRSE dari Kelurahan Hadimulyo Barat, Peserta dari Kecamata Metro Timur yaitu 5 orang PRSE dari Kelurahan Iringmulyo, Peserta dari Kecamata Metro Utara yaitu 5 orang PRSE dari Kelurahan Karangrejo, Peserta dari Kecamata Metro Selatan yaitu 5 orang PRSE dari Kelurahan Rejomulyo dan Peserta dari Kecamata Metro Barat yaitu 5 orang PRSE dari Kelurahan Ganjarasri.

Pelatihan Sulam Tapis dipilih berdasarkan pertimbangan kearifan lokal Provinsi Lampung yaitu keterampilan Sulam Tapis. Selain itu, mempertimabangkan nilai ekomomis dari produk Sulam Tapis. Keterampilan Sulam Tapis dinilai mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Pelatihan Keterampilan Sulam Tapis diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Peserta untuk dapat produksi dan memasarkan hasil produksi, sehingga dapat meningkatkan keadaan sosial ekonomi peserta yaitu para PRSE di Kota Metro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *