Keluarga adalah lingkungan awal bagi anak-anak dalam membangun karakter dan mempelajari nilai-nilai sosial budaya. Adapun menjadi suatu keharusan dalam keluarga untuk menciptakan kepribadian anak agar memiliki budi pekerti yang luhur sebagai modal awal untuk kedepannya bersosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Tetapi, tidak semua anak-anak di sekitar kita bisa merasakan kehangatan dari keluarganya. Mereka terpaksa harus tinggal di lingkungan panti asuhan sebagai pengasuhan alternatif, karena ada yang sudah tidak punya orang tua lagi. Ada juga yang karena orang tuanya bercerai, akhirnya mereka harus tinggal di panti. Yang lainnya terlantar karena ketidakmampuan keluarga untuk mengurusi dan membesarkan mereka.

Hal inilah yang mendorong Dinas Sosial Kota Metro melaksanakan kegiatan One Day for Children (17/10/2019) bersama anak-anak panti asuhan. Bertempat di Panti Asuhan Budi Utomo Metro, kegiatan ini diikuti oleh 150 anak-anak dari 3 (tiga) panti di wilayah Kota Metro yang sudah mendapatkan akreditasi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, yaitu Panti Asuhan Budi Utomo, Panti Asuhan Tuma’ninah Yasin dan Panti Asuhan Sunan Gunung Jati.

Rangkaian kegiatan One Day for Children ini ada pementasan seni dan kreasi dari anak-anak, pencak silat, puisi, qiro’ah Al Qur’an, game ketangkasaan/teamwork dan refling/panjat tebing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *