METRO-Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) untuk tahap I tahun 2019 telah disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 4585 yang dilakukan di BRI Kanca Metro, KCP Metro Kota, Unit Diponegoro, Unit Sudirman dan Unit Bantul pada 11-18 Februari 2019.


Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan syarat dapat memenuhi kewajiban terkait pendidikan dan kesehatan. PKH, bertujuan mengurangi beban RTSM dan diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan. PKH juga mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium atau Millenium Development Goals (MDGs). Program ini dikenal sebagai Program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (anak usia sekolah) maupun kehadiran di fasilitas kesehatan (anak balita dan ibu hamil), keluarga penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Pada tahun ini, penyaluran PKH akan dilakukan lebih awal dan selama empat kali yaitu pada Januari, April, Juli dan Oktober. Penyalurannya pun bersifat non flat artinya mempertimbangkan kondisi penerima bantuan.

Jadi 2019 ada yang namanya non flat di mana setiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat) kondisi realitasnya tetap ada flat, Rp 1,8 juta per tahun tapi tahun 2019 non flat. Ada komponen yang harus diikuti yang ada di KPM.

Satu persatu KPM didata, setidaknya beberapa kondisi indeks yang akan didata. Jika KPM terdapat ibu hamil, balita, anak sekolah dan lansia maka bantuan akan ditambah. Sebaliknya jika tidak terdapat kondisi tersebut maka bantuan yang diterima Rp 1,8 juta selama satu tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *