Setelah dari kabupaten tetangga yaitu Lampung tengah, Lampung Selatan, Pesisir Barat dan Tulang Bawang, Kali ini (5/12) Kota Metro menerima tamu dari Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Tujuan dari kedatangan Tim Study Banding Kabupaten Kaur adalah untuk persiapan pelaksanaan BPNT di Kabupaten Kaur yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2019. Tim yang terdiri dari Kepala Dinas Sosial, Kabid dan Kasie Linjamsos mengutarakan bahwa mereka mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Sosial Untuk ‘belajar’ pelaksanaan BPNT di Kota Metro, karena dianggap Kota Metro menjadi salah satu Kota terbaik dalam progress pelaksanaan BPNT.

Selain Pelaksanaan BPNT Tim Study Banding Kabupaten Kaur juga mempelajari tentang pengelolaan E-Warong di Kota Metro. Tim Study Banding Kabupaten Kaur mengunjungi dua e-warong KUBE yaitu e-warong KUBE Griya KPM Iringmulyo dan e-warong KUBE Srikandi Jaya Hadimulyo Timur. Dimana E-warong Srikandi Jaya sudah tampak adanya perkembangan dari hasil pelaksanaan BPNT. Dari keuntungan BPNT, E-warong Srikandi Jaya sudah dapat membangun bangunan warung semi-permanent untuk pengembangan usaha.

Dari hasil study banding yang dilaksanakan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kaur mengungkapkan bahwa pelaksanaan BPNT di Kabupaten Kaur akan mengikuti apa yang telah dilaksanakan di Kota Metro. Pembatasan agen penyalur BPNT akan dibatasi oleh E-warong KUBE binaan Dinas Sosial untuk pemberdayaan masyarakat miskin dan kontrol dalam pelaksanaan BPNT seperti yang telah dilakukan di Kota Metro. Kabupaten Kaur yang menjadi pelaksana Bansos Rastra terbaik berharap pelaksanaan BPNT juga akan terlaksana dengan baik.

Kontributor: Aulia Rahma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *