METRO – Dinas Sosial Kota Metro tahun 2016 ini menyelenggarakan Bimbingan Pemantapan dan Evaluasi KUBE Penerima Bantuan Tahun 2016 yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Metro Kecamatan Metro Pusat (17/11). Pada pertemuan kali ini dihadiri oleh anggota KUBE dan Pendamping KUBE yang ada di Kota Metro berjumlah 48 orang. Acara ini difasilitasi oleh Bidang Jaminan dan Perlindungan Sosial yang ada di Dinas Sosial Kota Metro.

Materi pada Bimbingan Pemantapan Pendamping KUBE-FM adalah :

  • Kebijakan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial di Kota Metro.
  • Pengendalian, Monitoring dan Evaluasi.
  • Pengadminitrasian Kewirausahaan.
  • Pelaporan dan Administrasi KUBE.

KUBE adalah Kelompok Usaha Bersama yaitu salah satu program pemerintah yang ada pada Kementerian Sosial RI khususnya di Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan yang bertujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha melalui program Bantuan Langsung.

Oleh karena itu untuk meningkatkan keberhasilan dan percepatan penanggulangan kemiskinan kami melalui KUBE perlu dilakukan langkah-langkah bimbingan dan pembinaan terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Fakir Miskin yang telah menerima bantuan sehingga KUBE FM tahun 2016 tersebut agar dapat berdayaguna dan berkembang. Dengan telah berkembangnya KUBE FM, diharapkan dapat digulirkan kepada keluarga miskin lainnya sehingga KUBE FM dapat berfungsi sebagai potensi sosial dan sekaligus sebagai media untuk menghimpun potensi dan saling membantu di antara anggota kelompok usaha bersama.

Bimbingan ini diikuti oleh 81 orang yang berasal dari 31 KUBE di seluruh wilayah Kota Metro.

Diharapkan dengan adanya Bimbingan Pemantapan ini, peserta dapat memahami bagaimana pelaksanaan KUBE dan bisa memberikan motivasi kepada KUBE untuk berusaha maksimal.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *