Anak adalah harta yang tak ternilai. Ungkapan ini mengamanatkan kepada para orang tua agar merawat, mengasuh, membimbing dan membesarkan anak-anaknya dengan penuh cinta kasih. Perlindungan anak yang baik harus dimulai dari keluarga.

Menyadari pentingnya perlindungan anak ini serta untuk membangun kesadaran orang tua dan keluarga agar lebih perhatian dan meluangkan waktunya bersama anak-anaknya, Dinas Sosial Kota Metro mengadakan acara Gebyar One Day Children. Acara ini bermakna “Sehari Bersama Anak-anak”. Pelaksanaan acara ini merupakan bentuk perwujudan Hari Anak Nasional Tahun 2017.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membangun kesadaran orang tua agar lebih banyak meluangkan waktu bagi anak-anaknya” ungkap Kepala Dinas Sosial Kota Metro, Ellya Lusianna. Tambahnya lagi “Acara ini juga untuk membangun komunikasi yang positif antara orang tua dengan anak, sehingga tumbuh kembang anak akan semakin baik serta meningkatkan keperdulian pemerintah, masyarakat, sekolah/pendidikan dan lembaga swasta dalam upaya pelayanan sosial dan perlindungan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa”.

Pada hari Minggu, 24 September 2017, digelar acara Pentas Musik dan Lomba Mewarnai untuk anak-anak PAUD dan TK se-Kota Metro. Acara ini merupakan rangkaian One Day for Children Kota Metro Tahun 2017, yang nantinya akan dilanjutkan dengan dilaksanakannya Seminar Perlindungan Anak, Kamis 28 September 2017. Seminar ini akan menghadirkan Pembicara Utama (keynote speaker) Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait.

Kepala Dinas Sosial Kota Metro juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan untuk para sponsor yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara ini, seperti Bank Eka Bumi Artha, Bank Lampung Cabang Metro, BRI Metro, Hotel Familie 2, Prudential, Jasa Raharja dan Kawai Musik. Ini adalah bentuk keperdulian lembaga swasta di Kota Metro untuk ikut dalam upaya-upaya perlindungan anak.

Sementara itu Walikota Metro dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten I Sekda Kota Metro, Bapak Ridhawan, SH., MH., menyatakan bahwa acara One Day for Children ini memiliki misi yang sangat penting bagi anak-anak kita. Sesuai dengan tema utama peringatan Hari Anak Nasional tahun 2017, yaitu “Perlindungan Anak dimulai dari Keluarga” dengan pesan utama “SAYA  ANAK INDONESIA, SAYA GEMBIRA”.

One Day for Children adalah media untuk membangun perlindungan kepada anak-anak kita sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Anak-anak, putra-putri kita sejatinya adalah manusia yang sama dengan orang dewasa, memiliki hak asasi yang butuh untuk diakui dan dihargai. Anak berhak mendapatkan pelayanan pendidikan dan pengajaran yang bermutu sesuai potensi, minat dan bakatnya. Anak berhak atas pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan fisik dan mentalnya. Anak pun bebas berpendapat, menerima dan mencari informasi sesuai tumbuh kembangnya, didasari dengan nilai kesusilaan dan kepatutan.

Walikota Metro memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan acara ini. Dengan menggelar acara Lomba Mewarnai dan pentas seni musik dari anak-anak, menunjukkan anak-anak Kota Metro ternyata memiliki potensi yang tiada batas. Ketekunan mereka mewarnai gambar dengan komposisi warna-warna yang indah ditambah persembahan lagu-lagu dari anak-anak Kawai Musik semakin menyadarkan kita betapa indahnya senyum anak-anak sebagai calon generasi emas bagi Kota Metro tercinta.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *