METRO—Taruna Siaga Bencana (Tagana) pada Dinas Sosial Kota Metro mengadakan “Tagana Goes to School” di sekolah-sekolah mulai dari SD s.d SLTA. Kegiatan tersebut dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Tagana yang diisi dengan Pengenalan Bencana terhadap Anak Usia Sekolah.
Kepala Seksi Perlindungan Sosial Dinas Kota Metro, Angga Novian Andhika mengatakan, anak-anak ini akan mengetahui apa yang harus mereka lakukan ketika terjadi bencana. Sehingga mereka berperan serta dalam penanganan bencana minimal untuk diri mereka sendiri.

“Meskipun masih anak-anak, tapi minimal mereka tahu apa yang harus dilakukan. Ini bermanfaat untuk memperkecil korban ketika adanya bencana. Kita juga berikan simulasi bencana, cara menyelematkan diri ketika kebakaran, banjir, dan gempa,” tandas Angga.
Selain itu, pengetahuan-pengetahuan dini untuk menanggulangi bencana juga ia berikan. Seperti peragaan cara menggunakan pelampung, peragaan cara melindungi kepala saat terjadi gempa dalam gedung, dan seterusnya.
Sementara itu, Koordinator Tagana Jakarta Selatan, Wiwit, mengatakan, ‘Tagana Goes to School’ yang dilakukan di SD Muhammadiyah Metro ini diikuti oleh 300 peserta. Kegiatan ini pun rencananya akan diadakan di beberapa sekolah yang ada di lima kecamatan.
“Kami berupaya dengan diperingatinya HUT Tagana, bisa berdampak positif bagi masyarakat. Apalagi yang kami berikan pengenalan adalah anak-anak yang sebetulnya harus tahu sejak dini mengenai penanganan bencana,” pungkas Wiwit.
Ia melanjutkan, antusiasme anak-anak cukup bagus. Pihaknya berusaha melakukan penyampaian pengenalan bencana agar lebih menyenangkan. Sehingga anak-anak mudah mengingatnya.
“Kami berikan permainan game untuk meningkatkan respon dan konsentrasi serta koordinasi anak-anak. Karena mereka masih anak-anak yang mudah sekali teralihkan dan mudah sekali bosan,” ujar Wiwit.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *