Rabu (21/6) Kementrian Sosial RI melaui Dinas Sosial Provinsi Lampung Kamis, 21 Juni 2017 menghimbau kepada 5 Kabupaten/kota untuk dapat segera melaksanakan penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH non tunai 2017. Lima lokasi yang diharapkan siap melakukan pencairan meliputi Kota Metro, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Lampung Tengah dan Pringsewu.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni menghimbau agar Kabupaten/Kota yang telah memenuhi prosedur penyaluran untuk dapat segera melakukan penyaluran bansos PKH. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Sosial agar bansos PKH segera dicairkan.

Dinsos Kabupaten/kota dan Pendamping Sosial PKH wajib melayani KPM dengan baik. Mengingat penyaluran tahun ini dengan lembaga bayar Bank BRI dan Mandiri sebagaimana keputusan Kemensos RI. Saya berharap KPM PKH diberikan edukasi yang cukup, sehingga memahami pengunaan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang juga memiliki fungsi sebagai kartu ATM. Jangan sampi KPM kesulitan dengan pengunaan teknologi ini, pungkas Sumarju.

Sementara Korkot PKH Kota Metro menyatakan bahwa 2.585 KPM PKH Metro siap melakukan penyaluran bansos PKH. Seluruh prosedurnya telah kita penuhi. Kamis, 22/6 kami akan melakukan launching penyaluran bansos PKH oleh Walikota di Lapangan 22 Hadimulyo Barat. Setelah sebelumnya Selasa, 21/6 kami telah sukses melakukan uji coba penyaluran kepada 10 KPM PKH di tiga Kecamatan yang berbeda se-Kota Metro.

Ia menambahkan bahwa Pendamping Sosial PKH Metro juga telah melakukan pertemuan kelompok kepada 2.585 KPM agar hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan di kantor Unit BRI atau Agen BRI Link terdekat dengan KPM PKH. Target kami, sebelum lebaran seluruh KPM telah menerima bansos PKH, pungkas Silpi.

Lebih lanjut, Koordinator PKH Provinsi Lampung Slamet Riyadi menghaturkan terima kasih kepada Pendamping Sosial PKH, Dinas Sosial dan Bank BRI Cabang Metro yang telah berjibaku mempersiapkan penyaluran. Berkat koordinasi yang baik ini, semoga penyaluran PKH Kota Metro sukses. Tentunya menjadi kebahagiaan bagi KPM jika bantuan dapat cair sebelum lebaran ini.

Slamet berharap agar bantuan dapat digunakan dengan bijaksana, dan tidak untuk foya-foya. Bahkan kami berharap KPM mulai membiasakan untuk menabung. Menabung merupakan bentuk implementasi materi Family Development Session (FDS) pada modul ekonomi yaitu bijak mengelola keuangan keluarga, pungkas Slamet yang juga Alumni Lemhanas Pemuda 2009

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *